Metodologi Desain Jaringan

Sumber : Chapter 4 LAN Design, Cisco Networking Academy Program: Second-Year Companion Guide Second Edition, 2001

Agar LAN menjadi efektif dalam melayani kebutuhan penggunanya, LAN harus dirancang dan diimplementasikan sesuai dengan serangkaian langkah sistematis yang direncanakan, yang yang meliputi hal-hal berikut:

  1. Mengumpulkan kebutuhan dan harapan pengguna
  2. Menganalisis persyaratan
  3. Merancang struktur LAN Layer 1, 2, dan 3 (topologi)
  4. Mendokumentasikan implementasi jaringan logis dan fisik
    Langkah-langkah ini dijelaskan di bagian berikut.

Mengumpulkan Persyaratan (Gathering Requirements)

Langkah pertama dalam mendesain jaringan adalah mengumpulkan data tentang struktur organisasi. Informasi ini termasuk sejarah organisasi dan status saat ini, proyeksi pertumbuhan, kebijakan operasi dan prosedur manajemen, sistem dan prosedur kantor, dan sudut pandang orang-orang yang akan menggunakan LAN. Anda perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: Siapa saja orang yang akan menggunakan jaringan? Bagaimana tingkat keahlian mereka, dan bagaimana sikap mereka terhadap komputer dan aplikasi komputer?
Menjawab pertanyaan-pertanyaan ( seperti contoh berikut dan pertanyaan sejenis) akan membantu menentukan berapa banyak persiapan yang dibutuhkan dan berapa banyak SDM yang dibutuhkan untuk membangun LAN.

Pertama dan terutama, Anda harus memahami pelanggan. Misalnya dalam kasus Perancangan Jaringan SMKS Cendika Bangsa, anda perlu berbicara dengan pengguna utama jaringan; mencari tahu lokasi geografis mereka, aplikasi mereka saat ini, rencana mereka di masa depan; dan menentukan siapa saja (pengambil kebijakan) yang akan membantu Anda mendesain jaringan. Setelah anda mengumpulkan data mengenai struktur organisasi distrik, anda perlu melakukan :

  1. Tentukan kemana aliran informasi / data di sekolah
  2. Mengetahui di mana data bersama berada dan siapa yang boleh menggunakannya
  3. Menentukan apakah data di luar sekolah – misalnya, data di Internet, dapat diakses atau tidak, siapa saja yang mengakses
  4. Menentukan isu atau masalah yang perlu ditangani

Leave a comment